Tyre-KNOWLEDGE

Tyre-News.com


TENTANG BAN DALAM


Umum




Ban dalam yang lazim disebut innertube adalah bagian yang tak terpisahkan dari ban luar (tube type tire) yang berfunsi menyimpan angin bertekanan agar ban luar dapat menahan beban dengan bobot tertentu baik pada saat diam maupun pada saat berjalan.







Bagian-bagian ban





Ban dalam terdiri dari dua bagian, antara lain :

1.     Pentil (Valve), yang berfungsi sebagai pintu masuknya angin pada saat pengisian angin kedalam badan ban, dan menahan angin supaya tidak keluar dari dalam ban.
2.     Badan ban (Tube Body), yang berfungsi menyimpan angin dan menahan angin supaya tidak keluar dari dalam ban.



Jenis-jenis Ban

Berdasarkan jenis karet (rubber) yang digunakan, ban dalam terdiri atas 2 jenis, yaitu :

1.     Karet Alam, yaitu ban dalam yang terbuat dari karet alam (Natural Rubber) yang didapatkan dari getah pohon karet. Kelebihannya adalah lebih lentur, lebih elastis dan mudah pada saat proses produksi terutama pada proses Spilcing (penyambungan), sehingga kekuatan sambungannya sangat bagus. Namun kelemahannya adalah daya simpan (permeability) udara dalam ban kurang baik, di mana ban mudah kempes dalam jangka waktu tertentu.

2.     Karet Butyl, yaitu ban dalam yang terbuat dari karet sintetis (Butyl Rubber) yang didapatkan dari proses kimia yang dibuat oleh tangan manusia. Kelebihan dari ban dari karet ini adalah daya simpan udara dalam ban sangat bagus (permeability), lebih baik daripada bahan Natural Rubber. Namun kelemahannya adalah kesulitan pada saat proses prosuksi, terutama pada proses Splicing (penyambungan). Yang mengakibatkan kekuatan sambungannya tidak sebagus Natural Rubber.



Proses Produksi





Secara umum proses produksi ban dalam (innertube) ada 4 tahapan proses , antara lain:

1.     Mixing
2.     Extruding
3.     Splicing
4.     Curing 





(bersambung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar