Tyre-News.com
Berdasarkan jenis karet (rubber) yang digunakan, ban dalam terdiri atas 2
jenis, yaitu :
TENTANG BAN DALAM
Umum
Ban dalam yang lazim disebut innertube adalah bagian yang tak terpisahkan
dari ban luar (tube type tire) yang berfunsi menyimpan angin bertekanan agar
ban luar dapat menahan beban dengan bobot tertentu baik pada saat diam maupun
pada saat berjalan.
Bagian-bagian ban
Ban dalam terdiri dari dua bagian, antara lain :
1. Pentil (Valve), yang
berfungsi sebagai pintu masuknya angin pada saat pengisian angin kedalam badan
ban, dan menahan angin supaya tidak keluar dari dalam ban.
2. Badan ban (Tube Body),
yang berfungsi menyimpan angin dan menahan angin supaya tidak keluar dari dalam
ban.
Jenis-jenis Ban
1. Karet Alam, yaitu ban
dalam yang terbuat dari karet alam (Natural Rubber) yang didapatkan dari getah
pohon karet. Kelebihannya adalah lebih lentur, lebih elastis dan mudah pada
saat proses produksi terutama pada proses Spilcing (penyambungan), sehingga
kekuatan sambungannya sangat bagus. Namun kelemahannya adalah daya simpan
(permeability) udara dalam ban kurang baik, di mana ban mudah kempes dalam
jangka waktu tertentu.
2. Karet Butyl, yaitu ban
dalam yang terbuat dari karet sintetis (Butyl Rubber) yang didapatkan dari
proses kimia yang dibuat oleh tangan manusia. Kelebihan dari ban dari karet ini
adalah daya simpan udara dalam ban sangat bagus (permeability), lebih baik
daripada bahan Natural Rubber. Namun kelemahannya adalah kesulitan pada saat
proses prosuksi, terutama pada proses Splicing (penyambungan). Yang
mengakibatkan kekuatan sambungannya tidak sebagus Natural Rubber.
Proses Produksi
Secara umum proses produksi ban dalam (innertube) ada 4 tahapan proses ,
antara lain:
1. Mixing
2. Extruding
3. Splicing
4. Curing
(bersambung)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar